Date a girl who reads

Date a girl who reads

Selasa, 10 Desember 2013

[Review] Anna Karenina



Penulis            : Leo Tolstoy
Penerjemah         : Svetlana Belova
Judul Asli         : Анна Каренина
Penerbit           : Gradien Mediatama
ISBN               : 139786022081029
Karakter           : Konstantin "Kostya" Dmitrievitch Levin, Anna Arkadyevna Karenina, Princess Ekaterina "Kitty" Aleksandrovna Shcherbatskaya, Count Aleksei Kirillovich Vronsky, Prince Stepan "Stiva" Arkadyevitch Oblonsky.

Cinta,
tak selalu membutuhkan pertanyaan mengapa.


Blurb:

Ini kisah tentang seorang wanita yang bersedia mempertaruhkan segalanya demi cinta.
Ketika Anna Karenina memutuskan untuk menerima cinta Vronsky, seluruh Rusia mengutuki mereka berdua. Kehormatan, kemunafikan, pengkhianatan, ketulusan, dan pengampunan mewarnai perjalanan Anna dalam berjuang untuk meraih kebahagiaannya.
Saat Anna mempertanyakan makna pernikahan, perubahan yang tak terelakkan juga menghampiri orang-orang yang berada di sekelilingnya. Perjalanannya dalam mengarungi dan memaknai esensi cinta, membuka banyak hati dan mengajari mereka kekuatan cinta sejati yang sesungguhnya.
Dalam dunia yang didominasi pria, seorang wanita dengan seluruh keberanian yang bisa dihimpunnya, mencoba memilih untuk menuruti kata hatinya.
***
Entah siapa dan apa yang harus disalahkan, tapi yang pasti aku menyesali kenapa begitu terlambat membaca Anna Karenina. Sebelumnya aku lebih tertarik untuk membaca tentang War and Peace (gara-gara email provakatif yang mengatakan sifatku begitu mirip dengan Prince Andrei, bukankah dia meninggal di akhir kisahnya?)Aku bertanya-tanya kenapa belum ada penerbit yang mau menerbitkan versi Indonesia War and Peace? Okay, kembali ke Anna. Apa yang harus aku katakan? Cerita ini sempurna! Idenya luar biasa!tidak ada yang meragukan karya besar Leo Tolstoy.
Anna dan Vronsky

Menceritakan tentang Anna seorang wanita bangsawan yang tidak tahu diuntung (sorry, emosi) tapi kalau dipikir-pikir perempuan mana ya, yang sanggup menahan godaan brondong tampan bernama Count Aleksei Kirillovich Vronsky seorang tentara yang gagah berani (dia tak seberani itu, saat Anna nyaris mati ketika melahirkan anak mereka)Secara singkat, yeah Anna berselingkuh dari suaminya Alexei Karenin, seorang pria bangsawan yang terhormat.
Cerita perselingkuhan mungkin biasa saja dan lumrah tapi perselingkuhan di abad itu di kalangan bangsawan Rusia? Itu jelas tidak biasa, walaupun perselingkuhan rupanya menjadi rahasia umum di bisik-bisik kalangan terhormat kala itu. Tak hanya berkisah tentang kehidupan Anna, namun ada kisah cinta lain yang membuat emosiku tidak mengantarkanku pada keinginan untuk marah dan menggila.
Setidaknya kisah cinta Kostya membuat aku masih percaya cinta sejati. Kostya atau Levin adalah pria sederhana,  sahabat dekat Oblonsky yang adalah saudara laki-laki Anna— memberi pelajaran cinta berharganya pada kisah ini. Walau tak mulus  tapi kisah cinta Kostya dengan si gadis manis Kitty (Kitty jatuh cinta setengah mati pada Vronsky, kenapa semua orang harus jatuh cinta pada Vronsky? Kenapa???)membuat musim semi datang sepanjang tahun ini. (Meniru gaya Tolstoy dan yah saya tidak cukup sukses)
Anna Karenina memperlihatkan wajah Rusia pada masa itu dan apa yang dilakukan Anna adalah sebuah keberanian yang luar biasa. Dan Tolstoy memberi ‘hukuman’ setimpal untuk apa yang para tokohnya lakukan.
Yang teristimewa dari segalanya adalah cara Tolstoy menghidupkan tokoh-tokoh dalam kisah ini. Karakter mereka begitu hidup.
Bolehkan kubahas para tokohnya? Boleh.

Anna      : Kau akan mencintainya juga akan membencinya. Kau akan mengutukinya juga mengasihaninya. Wanita yang terlalu memperturutkan kata hatinya. Jika hidup adalah tentang keseimbangan maka Anna adalah dia yang berani mengambil ‘jatah kebahagiaan’ lebih daripada yang berhak dimilikinya. Hingga yang tersisa pada akhirnya, adalah sesuatu yang dipikirnya adalah kebahagiaan berubah menjadi duka, derita, dan kesedihan. Harus memilih satu dari orang yang paling dicintainya, bukankah begitu dilematis? bahkan ketika Anna harus memilih Sheryozha—putranya dengan Vronsky. Pertanyaannya, siapa yang tak ingin memiliki cinta penuh gelora? Hanya saja sebaiknya dan seandainya cinta yang dipilihnya adalah cinta yang sederhana, maka... tentu tak ada Anna Karenina.

Kostya/ Levin: Berbanding terbalik dengan Anna.
Kesederhanaan adalah kekuatannya yang luar biasa. Tak menginginkan banyak hal yang terlalu takut untuk bisa dimilikinya. Masih adakah pria semacam ini? (kalau ada kenalkan padaku J) Hidup di pinggiran kota, bersatu dengan alam, menikmati segalanya dengan kesyukuran. Mungkin hidupnya terlihat nyaris datar tapi itu bukan berarti kehidupannya tak berputar. Tak bisa tak mengaguminya.

Alexei Karenin : Menghormati sekaligus ikut memahami apa yang dirasakannya. Terlalu kaku dan serba teratur dan mungkin sikap inilah yang membuat Anna menginginkan romansa lain dalam kehidupan cintanya. Tak bisa meremehkan Alexei bahkan ketika dia begitu bodoh menonton pengkhianatan di depan mata yang dibiarkannya buta. Ada prinsip yang hanya bisa dipahaminya sendiri. Pembaca boleh bertoleransi tapi dia takkan membiarkan pembaca perlu memiliki rasa mengasihani.
Vronsky       : Seperti pangeran di dunia nyata. Impian tapi bahkan gadis tercantik sekalipun tak bisa meraihnya. Ya! Dia memilih wanita yang dimiliki pria lainnya. Dia berkesempatan untuk memiliki keberuntungan tapi  pada akhirnya dia memilih kehidupan yang membawanya pada gejolak yang luar biasa. Dia mengambil beban yang pada akhirnya tak bisa dipikul oleh punggungnya. Menikmati kehidupan seperti keinginannya namun pada akhirnya dia tahu dia harus menyongsong kematian dalam keputusasaan.


Kitty          : Mewakili gadis muda dan segala yang mereka Jatuh cinta dan patah hati lalu nyaris putus asa hingga tak percaya cinta, namun kembali berbunga-bunga saat cinta sejati menghampirinya. Kitty sangat memikat dengan cara yang sangat manis.

Stiva         : Mungkin khas para bangsawan. Mengingat apa yang Stiva lakukan di awal kisah mau tak mau pembaca tak heran dengan apa yang terjadi pada Anna kemudian.
Dolly         : Bukan karakter mencolok tapi dia membuktikan bahwa cinta berarti bertahan dan keluarga terlalu berharga untuk dibiarkan berantakan. Posisinya sebagai saudara Kitty dan ipar Anna sungguh menyulitkan. Betapa dia mencintai Kitty namun takkan bisa membenci Anna.
Anna Karenina tak hanya memberikan sebuah kisah cinta. Anna Karenina memberikan sesuatu untuk direnungkan. Ada harga yang harus dibayar untuk setiap keinginan.
Kutipan-kutipan favoriteku:

·         Happy families are all alike. Every unhappy family is unhappy in its own way.
·         Harapan adalah kekuatan yang sering kali membuat manuasia mampu melakukan banyak hal, menglahkan ketakutan sekaligus keraguan yang mungkin masih bercokol di dalam hati.
·         Bagaimanapun dalam kehidupan selalu ada tempat untuk sebuah maaf, tak peduli seberapa besar kesalahan yang telah terjadi.
·         Wanita mana yang tidak merasa bangga saat pria yang mencintainya rela mengejarnya sedemikian jauh, sedemikian rupa.
·         Kau tahu mengapa aku berada di sini. Aku harus bersamamu.
·         Kenyataan memang seringkali tidak sesederhana tampilannya.
·         Pernikahan kita adalah sebuah ikatan suci. Yang dipersatukan oleh aidak dTuhan, tidak dapat dipisahkan oleh manusia. Kecuali oleh kejahatan, dan kejahatan seperti itu tidak akan lolos dari hukuman.
·         Betapa menakutkannya harapan.
·         Kamu bisa memberikan kasih sayang, cinta yang tulus. Cinta yang akan selalu ada, dalam baik dan buruk. Rumah yang selalu hangat dengan canda dan tawa. Anak-anakyang sehat, berlari gembira ke pelukan kedua orang tuanya. Mungkin kamu merasa rumahmu tidak sebanding dengan rumah keluarga Shcherbatskaya, tapi di sini ada sesuatu yang berbeda. Ada kenyamanan di sini.
·         Cinta selalu mempunyai tempat untuk maaf, dan tidak semua orang mendapakan kesempatan kedua.
·         Mengapa hidup tidak dapat menjadi sederhana saja. Bersama dengan orang yang kita cintai.
·         Dan aku tidak peduli kalau seluruh dunia menghakimiku karena perasaanku.
·         Tapi terkadang kita harus bertahan dengan apa yang kita punyai, ketimbang merindukan apa yang tidak akan pernah kita dapatkan.
·         Hidup memang perkara menyesuaikan antara harapan dan kenyataan.
·         Cinta memang mempunyai banyak wajah.
·         Tetapi, setiap malam aku tidak dapat mengenyahkan pemikiran bahwa hidupku belum sempurna. Aku masih terus menyimpan harapan itu, harapan mempunyai istri, anak-anak yang sehat, sebuah tempat yang dapat kusebut rumah.
·         Aku tidak dapat menawarkan banyak hal. Hanya seluruh harapan dan sebentuk cinta yang akan kujaga hingga waktuku habis.
·         Karena terkadang kita harus memilih. Hidup tidak selalu menyediakan semuanya Anna.
·         Mati itu mudah, bertahan hiduplah yang sulit. Memilih bertahan hidup membutuhkan keberanian lebih dibanding memilih kematian.
·         Laki-laki hanya seberharga kata-kata yang diucapkannya.
·         Aku mencintai apa yang telah kumiliki. Istri, putra yang sehat, rumah.... semua sudah lebih dari cukup. Aku sedang mengalami impianku. Untuk apa menghancurkannya.
·         Levin tahu, itu hanyalah wajah lain dari cinta.
·         Kadang cinta tidak harus berarti romansa yang menggebu-gebu. Baginya kebahagiaan bukanlah sesuatu yang rumit dan ia tak berniat menjadikannya seperti itu.

Mungkin beginilah cinta yang sederhana

NB: Aku sudah menonton film-nya, dan... lebih suka novelnya. Tapi aku memakai gambar adegan di filmnya J

7 komentar:

  1. Pernah denger filmnya, tapi belum pernah nonton ataupun baca bukunya hehe :D
    Jadi penasaran ingin coba nonton film dan baca bukunya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus baca dan juga tonton filmnya, bukunya bagus dan filmnya juga tidak mengecewakan, keren lah pokoknya.

      Hapus
  2. pengen banget nih nonton film nya

    BalasHapus
  3. aku baru aja nonton filmnya... dan timbullah judgmental hehehehe

    BalasHapus
  4. Baiknya baca bukunya dulu, baru filmnya. kalau nonton dulu di jamin pasti bingung ngikutin alur cerita filmnya hhe

    BalasHapus
  5. Baru banget nonton, dan seru sangaat. Geregetan sama Anna. Dan gw baru mengsahkan "tak selamanya selingkuh itu indah"

    BalasHapus