Date a girl who reads

Date a girl who reads

Kamis, 10 November 2011

Peringatan Hari Pahlawan: Siapa Pahlawan Itu???


Siapa pahlawan itu?
Otak kanak-kanak feminisku berpikir, pahlawan itu adalah. . . . Barbie, Usagi si Sailor Moon, dan para Princess Disney, silahkan tertawa, tapi kadang aku merasa mereka hebat, walau tak nyata tapi mereka membuatku percaya akan hal-hal yang tak kutemui di dunia nyata, misalnya Barbie…bagaimana bisa ada seorang gadis yang nyaris sempurna (sebenernya untunglah dia tak benar-benar hidup di dunia ini, seandainya dia bernafas dan berkeliaran, akan banyak cewek-cewek terintimadasi akan segala yang dimilikinya, berbentuk boneka dia nyaris sempurna, apalagi kalau bener-bener nyata), dia cantik, punya sejuta talenta (dia memiliki banyak profesi, seperti yang dikatakan pihak Mattel, pabriknya), selera Fashion keren, punya pacar seorang Ken (yeah walau Ken agak seperti gay) yang juga punya selera Fashion setara dengannya dan yang pasti selalu bisa ikut serta dalam drama yang Barbie ciptakan,dan yeah banyak lagi, lalu Usagi si Sailor Moon, cewek paling payah dikelasnya, paling konyol dalam kehidupannya tapi diluar itu semua dia adalah pahalawan, titisan dewi bulan, dan juga pacarnya si Tuxedo bertopeng. Dan Princess Disney??? Apa yang perlu kukatakan tentang mereka???wajah rupawan, sedikit siksaan, pangeran tampan, pewaris kerajaan, dan kisah cinta yang mengagumkan!
Otak dangkalku berpikir, pahlawan itu, adalah seseorang  yang kuat, dengan nama berakhir Man, tapi dia bukanlah seseorang yang punya selera fashion menarik, atau mungkin selera fashion mereka memang berbanding terbalik dengan selera humor mereka, mengerti maksudku? Yeah CD dijadikan luaran sama sekali nggak keren, menurutku lho ya, tapi memang agak lucu sih. Pahlawan itu bisa jadi seorang yang rendah hati atau mungkin sangat-sangat pemalu, karena mereka memilih menutup wajahnya, alih-alih tebar pesona, tapi salah seorang  dari mereka ada yang punya rambut indah dengan secuil poni unik yang akan selalu rapi walaupun ia terbang tergesa-gesa di angkasa, saran saja buat pemilik perusahaan perawatan rambut, carilah bintang iklan seperti Superhero yang kumaksud, nggak sulit kan buat menebaknya.
Otakku yang disekolahkan berpikir, pahlawan itu, adalah mereka yang ada dalam buku-buku pelajaran Sejarah, mereka yang gugur dalam perang, mereka yang melawan penjajah, mereka yang mati terbunuh karena memilih bersikap ksatria daripada menyerah pada pengkhianatan, mereka yang membawa kita pada alam indah kemerdekaan, mereka seseorang yang benar-benar mengagumkan, semoga mereka tenang di alam sana atas apa yang telah mereka lakukan dalam misi penyelamatan.
Otakku yang adalah otak seorang anak berpikir, pahlawan itu adalah ayah dan ibuku, tanpa mereka aku takkan pernah ada di muka dunia, tanpa mereka aku bukan siapa, tanpa mereka….menuliskan terlalu banyak tentang mereka akan membuatku memilih untuk berhenti menulis dan mulai menghubungi ponsel mereka, jadi tentang mereka sampai disini saja, agar aku bisa melanjutkan tulisanku.
Otak lainku,(yang tak terkatakan) berpikir, pahlawan itu adalah kita semua, kita semua yang mau melakukan sebuah perjuangan untuk diri kita dan untuk orang-orang yang kita cintai, tak perlu melakukan sesuatu yang hebat tapi cukup bermanfaat dengan keikhlasan dan ketulusan, Selamat Hari Pahlawan.


2 komentar:

  1. pahlawan itu....
    apa ya... ^^ seseorang yang bisa mengerti keadaan sekitar..... ^^ wkwkw.... #ngasal... #salam kenal.. ^^

    BalasHapus
  2. makasiiii udah mampir salam kenal juga yak :)

    BalasHapus