Date a girl who reads

Date a girl who reads

Kamis, 28 November 2013

Menjadi Nekaders J50K


Gambar: di sini
Apa itu Menulis?
gambar:  di sini

Menulis berarti ambil pulpen dan kertas lalu keluarkan saja semua yang diteriakan otak atau jika kamu bukan tipe konvensional kamu akan menghadap layar canggihmu dan mulai memerintahkan jari-jarimu mengikuti panduan komando pasien skizophrenia yang mulai menggila di dalam pikiranmu. Menulis? kamu bisa definisikan semaumu!
          Aku menulis karena suka membaca, terlalu banyak membaca membuat aku jatuh cinta pada kata-kata. Menulis kutipan pada awalnya lalu menjadikan kutipan itu semacam tulisan (yang hanya tulisan) Aku biasa menulis apa yang otakku katakan, ditengah kebosananku di ruang kelas. Aku menulis ketika menunggu dan tak ada buku untuk dibaca sebagai partnerku untuk membunuh waktu. Aku menulis untuk memahami perasaanku. Aku menulis untuk kata-kata yang tak ingin kukatakan ketika berbicara. Menulis adalah kegiatan melarikan diri dari realita yang bisa sangat berbahaya, karena ya ampun menulis telah menjebakku dalam cinta dan menulis telah menjadi ritual wajib tiap hariku. Aku menulis tanpa pernah tahu bahwa menulis juga seperti Fisika perlu rumus. Selain itu, menulis memili teori-teori dan aturan, tapi ....aku percaya aku bisa langsung menulis saja dan belajar teknik menulisnya bisa kulakukan sambil (terus) menulis.

Jadi Nekaders di J50K
                Nyaris dua tahun lalu di penghujung Desember saat aku dipaksa (diri sendiri) untuk menuruti nyaliku. Okay, aku tidak punya ilmunya tapi punya nyalinya. Dalam tempo tiga puluh satu hari harus menghasilkan 50.000 kata dalam bentuk fiksi! Sejujurnya harus kukatakan itu agak nekat dan bukankah itulah kenapa para peserta J50K disebut nekaders? Sebelumnya aku sudah mulai menulis, tapi menulis yang hanya mengikuti hatiku dan jika mendapat pembaca apalagi apresiasi yeah itu menjadi bonus yang bikin happy! Jadi, ketika melihat tentang ajang menulis ini ya ampun aku harus ikutan! Kapan lagi menantang diri sendiri untuk melakukan hal yang benar-benar aku sukai?
Mau tak mau aku harus bilang bagaimana awal aku menjebak diri dalam hobi menulis. Yeah, di mulai di awal tahun 2010 ketika aku harus berada di tempat baru yang, bisakah kamu bayangkan! Tidak ada perpustakaan, tidak ada toko buku juga rental buku, yang ada hanya sekardus buku lamaku yang tersisa (sebagian besar koleksi bukuku terendam banjir dan sedikit yang lebih beruntung berada di tangan mereka-mereka yang meminjam dan entah lupa apa tidak tapi tak pernah mengembalikan) Betapa menyiksanya tak memiliki sesuatu untuk dibaca, hingga ....karena tidak ada yang bisa dibaca maka aku menuliskan sesuatu untukku baca! Dan yeah aku mulai menulis kisah-kisah sederhana yang ingin kubaca, kedengaran silly kan? Sesuai dengan apa yang kukatakan di bawah header blog-ku! I want to be that quirky girl who writes silly stories that still have meaning. Ternyata apa yang kutuliskan, yeah not too shabby. Beberapa orang membaca tulisanku dan setelahnya mereka jadi temanku. Beberapa tulisanku dapat label HL dari Kompasiana yang pada jaman itu kayaknya keren banget hehehe, dan mari kembali lagi ke ajang J50K, ketika sedang asyik menulis dan kebut-kebutan untuk menambah jumlah angka. Kan, kita sering berbagi info di page J50K, ada postingan tentang info tentang lomba menulis “Berfantasi Tidak Dilarang” jadilah aku mengikutkan sebuah novelku dan tanpa disangka, jadi juara satu dan terbit di akhir tahun lalu. Judulnya Confession of a Silly Drama Queen! Tapi pada saat itu ada kejadian kurang menyenangkan dan beberapa tulisanku di blog jadi korbat plagiat, tapi tak apalah....kreativitasnya tetap milikku dan si plagiat cuma dapat kepuasan palsu.
Harus aku katakan selama mengikuti kegiatan J50K aku bertemu banyak orang hebat dalam dunia kepenulisan, mengenal mereka, mendapat inspirasi, berbagi ilmu juga semangat untuk terus menulis. Tahun pertama j50K-ku sukses aku berhasil merampungkan novelku (judul awalnya Rahasia Gadis yang aku ubah jadi Puzzle Pieces) dan dapat badge si chameleon cantik untuk kubanggakan di blogku! Tahun ke dua, aku tak berhasil mencapai target tapi tahun ke dua J50K-ku mengantarkan novel nekatku (Love for Spacious Skies) jadi pilihan juri di lomba menulis dari Ice Cube!
Tips dan Trik mencapai 50.000 kata!
Mungkin tips dan trik ini sedikit konyol tapi, bisa dicoba lho.
·        Jumlah Kata
Setidaknya untuk mencapai target 50.000 kata dalam 31 hari, diperlukan sekurangnya 1613 kata perhari. Kalau dipikir itu bukan masalah besar dengan menganggap bahwa itu cuma sebagian kecil dari total kata yang kita ucapkan sehari-hari. Mengutip kata iklan, talk less do more! Jatah bicara dikurangi dan lebih baik jika dituliskan! Bukankah perempuan berbicara sekitar 20.000 kata perhari dan laki-laki 7000 kata, masih baca kata-kata yang tersisa kan, ya?
·        Ide Tulisan
gambar: di sini
Mengingat tahun pertama aku jadi nekaders dan punya waktu kurang dari tiga hari sebelum memulai ide menulis. Maka yang bisa kulakukan selain nekat adalah menemukan apa yang bisa kutuliskan. Kata JK Rowling, tulislah apa yang kau ketahui, dan kataku sendiri tuliskan juga tentang apa yang kau sukai. Jadi, belajar dari pengalaman. Aku menulis hal yang kuketahui dan yang kusukai. Tahun pertama aku menulis Rahasia Gadis yang kemudian berubah nama jadi Puzzle Pieces. Yang aku tuliskan adalah cerita tentang seorang Gadis yang terperangkap dalam hidup bak fairy tale. Aku suka fairy tale juga balet jadi kutuliskan saja dan kebetulan aku juga tahu banyak hal tentang keduanya. Tahun kedua jadi nekaders kebetulan aku baru terjun ke hobi baru, yaitu exchange experience dengan teman-teman asing, jadinya aku menuliskan sedikit tentang mereka dan jadilah Love for Spacious Skies yang menceritakan tentang Del yang bertemu cowok Jerman keren beserta dua backpacker Amerika konyol dalam drama romantis .
·        Konsistensi dan Kafein
Percayalah jika kamu mengatakan tidak
gambar: di sini
mood menulis, maka itu sama dengan alasan cewek 20 tahunan yang mengklaim dirinya insomnia padahal sepanjang malam dia menahan kantuk demi stalking twitter mantannya hahaha.
 Mood jangan ditunggu, jemput dan paksa si mood bersamamu. Ketika kamu merasa jenuh seharian menulis berarti kamu harus bertanya pada dirimu sendiri, kamu mau jadi penulis atau cuma ingin menjadi penulis? paham bedanya kan?
Okay, kantukmu mungkin jadi masalahmu dan yang mengatasinya adalah Kafein! Oh Tuhan aku suka kopi dan kopi sangat dianjurkan, bukankah penulis itu tak (nyaris) mungkin bisa bekerja tanpa bantuan kafein? Aku sudah memiliki cangkir kopi baru untuk persiapan J50K, cangkir mungil warna pink dan putih. Aku tahu aku tak boleh mengecewakan cangkir kopi baruku dengan malas-malasan menulis.
·        Membaca, Mendengarkan Musik, dan Menonton
Saat jenuh berhadap dengan kertas atau lappy,
gambar: di sini
kamu bisa memilih membaca, mendengarkan musik dan menonton. Moodmu akan kembali besertamu dan juga plus tambahan ide segar baru.
·        Bagaimana Jika Kamu Terlalu Sibuk untuk Menulis?
Aku mengalaminya di tahun kedua, di saat Januari aku harus kerja pagi-sore dan hanya bisa mencuri-curi sedikit waktu untuk menulis. Target 50.000 kata mungkin tak bisa tercapai tapi minimal saat menulis usahakan agar apa yang kamu tuliskan sebagai kegiatan menyenangkan bukan tuntutan ataupun beban. Walau gagal (tapi aku tak mengharapkan siapapun untuk gagal jadi nekaders) minimal kamu sudah mengawali tahunmu dengan suatu kegiatan dan kebiasaan yang baik dan menyenangkan.

Akhirnya aku mau bilang bahwa di tahun ketigaku jadi nekaders nanti aku harus lebih baik dan tidak boleh gagal. Ide sudah ada di otak dan yeah aku sudah tak sabar menunggu Januari untuk menuliskannya!

Dan siapapun yang berniat ikutan J50K dan ingin tahu bagaimana persiapannya. Kamu harus tahu bahwa Kampung Fiksi Membuka Kelas Online dan Persiapan J50K 2014 di sini!



gambar: di sini

16 komentar:

  1. mantap.
    makasih ya :)

    http://heripurnomo.web.id ( ini link profileku yg bener. )
    soalnya hanya bisa masuk via akun google+blogspotnya.

    trims
    HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiii sudah membaca, semangat ikut J50K ya :)

      Hapus
  2. tulisannya keren mbak citra, oh yah salam kenal dan salam persahabatan yah mbak.. saya baru pertama kali ikut lomba ini, mohon bimbingannya yah terutama dalam penulisan, sy undang ke rumah di http://www.ahmadharakan.com . saya tunggu kunjungannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa berkenalan dan dapat sahabat *salaman* terima kasih sudah membaca tulisanku,,,,semangat menulis ya :) blognya nanti dikunjungi, sukses selalu :)

      Hapus
  3. Dear Citra, selamat ya, Citra yang terpilih sebagai pemenang lomba menulis Menjadi Nekaders J50K. Silakan kirimkan no. rek. untuk transfer hadiahnya, langsung ke inbox FB saya :) Pengumumannya bisa dilihat di sini: UPDATE!!! PEMENANG LOMBA MENULIS MENJADI NEKADERS J50K

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak G, wah senangnya makasssi ya :) ga sabar tunggu Januari depan :)

      Hapus
  4. whoa, emang keren bingit inih, layak banget buat menang ^^. selamat mbak citra ^^

    BalasHapus