Date a girl who reads

Date a girl who reads

Sabtu, 30 Januari 2016

[Tantangan Membaca 2016] Sebelas Buku Yang Saya Baca Sepanjang Januari


Sepanjang Januari, saya seharusnya sibuk luar biasa. Akan tetapi mengingat bahwa membaca adalah kebutuhan dan seperti mereka yang menghadapi stress cenderung makan banyak, mungkin itulah yang saya alami.
            Stress kerja membuat saya menjadikan buku sebagai pelarian. Saya membaca lebih banyak dari yang seharusnya. Padahal itu justru menjadikan saya kehilangan banyak waktu sebelum tenggat tugas yang makin hari makin beranak pinak (Kelas XII jelang UNAS, tim debat mulai latihan, tim LCC juga, proyek PTK belum kelas tambahan harus memasukkan usulan DUPAK. Saya harus mengingatkan diri sendiri; SAYA TERLALU TANGGUH UNTUK MENGELUH) Tapi, sudahlah, yang penting saya tak lagi tertekan. Padahal sebenarnya tertekan etapi dengan mengalihkan pikiran pada apa yang buku-buku kisahkan, setidaknya menjadikan segalanya terasa lebih baik. Lihat sisi terangnya aja.
            
Hampir di ujung Januari. Boleh setor daftar bacaan yang terpaksa dirapel ya teman-teman, gegara jarang main FB :D Padahal sengaja postingnya ditunda-tunda mulu gegara sok sibuk membaca, eh :P

Saya skip dulu ya kategori A book based on a fairy tale dan A National Book Award winner.

Baiklah, inilah daftar buku yang mengisi hidup saya sepanjang Januari ini:


1. A Book Set in Europe:


Pulang-Leila S. Chudori

Paris, Mei 1968. 

Ketika revolusi mahasiswa berkecamuk di Paris, Dimas Suryo seorang eksil politik Indonesia bertemu Vivienne Deveraux, seorang mahasiswa Prancis yang ikut demonstrasi melawan pemerintah Prancis. Pada saat yang sama, Dimas menerima kabar dari Jakarta: Hananto Prawiro, sahabatnya, ditangkap tentara dan dinyatakan tewas. Dimas merasa cemas dan gamang. Bersama puluhan wartawan dan seniman lain, dia tak bisa kembali ke Jakarta karena paspornya dicabut oleh pemerintah Indonesia. Sejak itu mereka mengelana tanpa status yang jelas dari Santiago ke Havana, ke Peking dan akhirnya mendarat di tanah Eropa untuk mendapatkan suaka dan menetap di sana.

Di tengah kesibukan mengelola Restoran Tanah Air di Paris bersama tiga kawannya: Nug, Tjai, dan Risjaf—mereka berempat disebut Empat Pilar Tanah Air—Dimas, terus-menerus dikejar rasa bersalah karena kawan-kawannya di Indonesia satu persatu tumbang, dikejar, ditembak, atau menghilang begitu saja dalam perburuan Peristiwa 30 September. Apalagi dia tak bisa melupakan Surti Anandari—isteri Hananto—yang bersama ketiga anaknya berbulan-bulan diinterogasi tentara.


Empat Bintang review-nya di sini



The Phantom of The Opera:

Erik, sang hantu Opera, meneror Opera Paris dengan ancaman pemerasan selama bertahun-tahun. Sosok jenius yang tersiksa dalam keburukrupaannya ini jatuh cinta pada Christine, penyanyi opera yang cantik dan bersuara emas. Kehadiran Raoul, sang viscount yang tampan, membuat Erik sadar bahwa Christine takkan pernah membalas cintanya dan membuat cinta Erik berubah menjadi obsesi yang mematikan.

The Phantom of the Opera adalah novel legendaris dalam sastra gotik dunia sepanjang abad ke-20. Kisah cinta segitiga antara Erik, Christine, dan Raoul sudah diadaptasi ke dalam berbagai bentuk seni teater dan seni visual. Namun karya aslinya yang pertama kali terbit dalam bentuk novel pada tahun 1910 ini jauh lebih gelap dan kompleks dibanding yang ditampilkan dalam film maupun teater musikalnya. 

Seratus tahun lebih sejak pertama kali terbit, The Phantom of The Opera yang ber-setting di salah satu gedung termegah dan terindah di Paris ini masih menggugah hati pembacanya dalam kisah yang menyayat hati tentang hasrat manusia, teror, dan cinta.

Tiga Bintang review-nya di sini




You're The One That I Don't Want:

Bagaimana kau tahu dia adalah Jodohmu?
... Apakah kau berbunga-bunga ketika memikirkannya?
... Pernahkah kau bermimpi menikah dengannya?
... Atau kau tahu begitu saja?


Ketika Lucy bertemu Nate di Venesia, ketika berumur 18 tahun, seketika dia tahu bahwa Nate adalah Jodohnya. Mereka terperangkap dalam pusaran cinta pertama dan berciuman di bawah Bridge of Sighs saat matahari terbenam, yang, menurut legenda itu akan mengikat mereka selamanya. Akan tetapi, sepuluh tahun kemudian, mereka sama sekali kehilangan kontak.

Sampai pada akhirnya Lucy pindah ke New York dan legenda itu menyatukan mereka kembali. Lagi. Dan lagi. Dan lagi. Masalahnya, bagaimana kalau ternyata Nate bukanlah Jodohnya? Bagaimana cara untuk menyingkirkannya? Karena selamanya bisa berarti waktu yang sangat lama...

Editor’s Note
Alexandra Potter sudah cukup dikenal di kalangan penggemar cerita ChickLit

Tiga Bintang review-nya di sini

2. A Book YA Best Seller

Duet manis dari Jenny Han; 


To All The Boys I've Loved Before :
Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri. 
Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

 Empat Bintang review-nya di sini



P.S. I Still Love You:

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

Empat Bintang  review-nya di sini

3. A Book You Can Finish in a Day



Rainy's Days

"Hujan itu tak berarti sedih, Rainy," kata lelaki itu.

"Meski hujan selalu datang di saat-saat buruk?" tanyanya seperti bocah yang menuntut penjelasan.


Rainy percaya kalau hujan dan dirinya tidak pernah akur. Momen-momen terburuknya selalu dihiasi oleh rintik-rintik air hujan yang seolah berpesta merayakan kesedihannya. Bertolak belakang dengan Kian yang selalu bersyukur akan datangnya hujan. Bunga-bunga di kebunnya seakan menyambut limpahan air dari langit itu dengan sukacita. Mereka bertemu, bertengkar, lalu berteman. Namun, karena luka masing-masing mereka memutuskan untuk menyimpan rasa cinta yang mulai tumbuh. Sampai suatu hari… ketika cinta itu terungkap tanpa kata, salah seorang dari mereka pun terdiam tanpa tahu kapan akan bersuara lagi.


Tiga Bintang review-nya di sini



Pesan Untuk Para Kekasih Tercinta: Kumpulan Cerpen Esquire Indonesia #2:

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa ada begitu banyak pertanyaan menggelitik tentang lelaki: apa arti dan makna menjadi seorang lelaki? Di luar peran dan ekspektasi masyarakat tentang lelaki sebagai pemimpin, serdadu, ayah, bos, suami, dan lain-lain, ada sudut-sudut terdalam dalam jiwa mereka yang menarik untuk ditelisik.


Dua belas cerpen yang terkumpul di edisi khusus Esquire tak hanya mampu menampilkan sosok lelaki dalam segala hal: penampilan, intelektualitas, dan gaya hidup, namun juga menyibak rahasia dan hasrat yang mungkin selama ini hanya dipahami oleh para lelaki. Tak sekadar cerita, kumcer ini mampu menjadi minuman segar di padang gurun kesusastraan Indonesia, bagi semua orang yang dahaga, letih, dan merindu.
Tiga Bintang  review-nya di sini


4. A Book You Haven't Read in High School



Cantik itu Luka-nya Eka Kurniawan:

Di akhir masa kolonial, seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur. Kehidupan itu terus dijalaninya hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anaknya yang keempat, ia berharap anak itu akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberinya nama si Cantik.

“Perihal berbagai gaya dan bentuk yang diaduk jadi satu ini, Cantik itu Luka memang sebuah penataan berbagai capaian sastra yang pernah ada.”
–Alex Supartono, Kompas

“Mencermati isinya, kita seperti memasuki sebuah dunia yang di sana, segalanya ada.”
–Maman S. Mahayana, Media Indonesia

“Inilah sebuah novel berkelas dunia! Membaca novel (...) ini, kita akan merasakan kenikmatan yang sama dengan nikmatnya membaca novel-novel kanon dalam kesusastraan Eropa dan Amerika Latin.”
–Horison


 Empat Bintang review-nya di sini


5. A Book with a Blue Cover



All You Need is Love-nya Fakhrisina Amalia:

 Ketika hubungannya dengan Aiden berakhir, tanpa pikir panjang Katrina mengiyakan ajakan mamanya untuk terbang ke kampung halaman mereka di Skotlandia. Di negara yang indah itu Katrina berharap bisa melupakan kesedihannya.

Untuk pertama kali Katrina bertemu dengan keluarga besarnya. Ia mempunyai sepupu jauh yang tampan bernama Mac. Namun, entah kenapa Istas—kakak perempuan Mac—memusuhinya, tanpa Katrina tahu dimana letak kesalahannya. Tapi itu tidak menghentikan Katrina untuk semakin dekat dengan Mac.

Dan ternyata Skotlandia menyimpan misteri masa lalu yang tidak terduga. Tidak hanya indah, ada rahasia tersembunyi tentang Katrina di negara itu, juga tentang cerita cinta berlapis kota legenda!
 

Tiga Bintang review-nya di sini


6. A Book Recommended by a Family Member:



100 Wanita Paling Berpengaruh Sepanjang Masa: 

100 WANITA PALING BERPENGARUH SEPANJANG MASA adalah sebuah buku yang akan memicu perdebatan dan diskusi, saat pembaca dengan antusias mengamati daftar dan penentuan peringkat ini dengan seksama.
Empat Bintang review-nya di sini


7. A Book About a Road Trip:




Amy & Roger's Epic Detour (Perjalanan Panjang Amy dan Roger):

Ayah Amy baru-baru ini meninggal karena kecelakaan mobil. Ibunya memutuskan pindah jauh untuk memulai hidup baru. Dan Amy harus menyusul ibunya dengan naik mobil... ditemani Roger.

Ia sebetulnya tak terlalu bersemangat, karena harus melakukan perjalanan panjang dengan cowok yang sudah bertahun-tahun tidak ditemuinya tersebut.

Perjalanan ini mungkin terasa canggung––terutama karena persahabatan mereka lantas berkembang ke arah baru. Tetapi, bersama-sama, Amy dan Roger akan menemukan jalan-jalan baru untuk melanjutkan hidup.


"Bacaan musim panas nyaris sempurna yang akan membuat pembacanya mendambakan perjalanan dan kisah cinta."
–– Publishers Weekly; Starred Review

Tiga Bintang review-nya di sini



Saya senang sekali dengan daftar buku yang saya baca di bulan Januari, beberapa berbintang 4 dan meninggalkan kesan mendalam.


Semoga pengalaman membaca teman-teman semua juga menyenangngkan :)
#ReviewRC2016 #ReviewRC2016Jan




2 komentar:

  1. hebat,jempol 4. fantastic. 1 bulan sampai 11 buku. menngasyikan memang membaca buku. Seperti kita dibawa tour dari satu tempat ke tempat yang lain. tambaha referensi juga. satu saat nanti, apa yang kita baca akan memberikan manfaat sangat besar pada kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seapakat, buku seperti petualangan tanpa harus berpindah tempat. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus