Date a girl who reads

Date a girl who reads

Selasa, 04 Juli 2017

[Review] Komik Serial Cantik Throbbing Tonight: Ketika Para Setan Menyelamatkan Dunia dengan Cinta



Koleksinya Pujia Muksita




Keterangan Komik:


Judul Asli: Tokimeki Tonight

Judul terbitan Indonesia: Throbbing Tonight

Komikus: Koi Ikeno

Alih Bahasa: Patsian T. Sofyan

Penerbit: PT. Elex Media Kimputindo

Tahun Terbit: 2001



Ringkasan cerita:

Tak ada yang istimewa dari tokoh Ranze Etoh, dia hanya seorang cewek SMP biasa yang sedang jatuh cinta pada cowok berandalan bernama Shun Makabe … tapi, sebenarnya ayah Ranze adalah Drakula dan ibunya seorang Manusia Serigala, keluarga mereka adalah penghuni Dunia Setan yang pindah ke dunia manusia dan menjalani kehidupan senormal manusia biasa. Suatu hari kenormalan Ranze punah, Ranze yang jatuh cinta pada manusia biasa malah mengeluarkan talenta monsternya, Ranze bisa berubah menjadi wujud apapun yang digigitnya. Korban pertamanya adalah Yoko, putri Yakuza yang juga cinta mati pada Makabe. Perjuangan cinta Ranze mengejar cinta Makabe tak mudah, ini lebih dari sekedar komik soal cewek konyol yang mendambakan cinta cowok cool. Ini adalah komik legenda, bagaimana ketika setan, yakuza, monster, hingga mafia justru menyelamatkan dunia manusia dengan kekuatan cinta. Ada Ranze dan Makabe, yang menyelamatkan Dunia dari Zone, Rinze dan Narumi yang menyelamatkan Dunia dari Duza, juga Aira dan Kairi yang menyelamatkan dunia dari Meteor Berwajah.


Tokoh-Tokoh:


Ranze Etoh : Gadis polos, monster manis, blasteran Drakula dan Manusia Serigala. Baik hati dan penuh cinta. Tokoh utama di generasi Throbbing Tonight generasi pertama.
Shun Makabe: Cinta pertama dan satu-satunya Ranze, berandalan pecinta tinju yang sebenarnya adalah Pangeran Dunia Setan yang terbuang.
Yoko Kamiya: Putri Yakuza, saingan Ranze yang cinta mati pada Shun Makabe.
Aron Forester: Pangeran dari Dunia Setan kembaran Shun Makabe.
Fira: Pacar Aron, mirip Medusa jika marah.
Mori Etoh: Ayah Ranze.
Shira Etoh: Ibu Ranze.
Dirk Carlo: Keturunan Raja Dunia Setan yang jadi mafia di Dunia Manusia.
Rinze Etoh: Adik laki-laki Ranze, yang memiliki kekuatan luar biasa, nyaris sempurna, kecuali dia bisa berubah jadi monster serigala.
Narumi Ichihashi: Tokoh utama generasi kedua, memiliki kekuatan dari Dunia Setan, setelah minum the dengan bunga dari Dunia Setan.
Mana: Adik Tiri Narumi yang ternyata putri dari Dunia Peri
Cippul: Pangeran dari Dunia Peri
Taku Makabe: Anak laki-laki Ranze dan Makabe, sifatnya mirip ayahnya.
Coco : Putri Aron dan Fira, sifat serupa ayahnya tapi versi cewek dan itu parah.
Aira Makabe: Putri Ranze dan Makabe, sifatnya baik dan periang. Diramalkan jadi penyihir besar Dunia Setan, dilarang jatuh cinta. Tokoh utama di generasi ketiga.
Kairi Minakami: Cinta pertama Aira, misterius.
Mumu Kamiya: Anak Yoko Kamiya, saudara kembar Fu. Seperti ibunya, cinta mati pada Taku.
Fu Kamiya: Anak Yoko Kamiya, saudara kembar Mumu. Kalem dan baik, harusnya tak lahir di keluarga Kamiya. Sayang dan peduli pada Aira.
Leon Forester: Putra Aron dan Fira, jahil dan rese.
Mevius: Nenek sihir Dunia Setan
Akimi Shinjo: Pelatihnya Taku galak dan disegani, cowok yang disukai Aira.

Review:
Ranze dan Makabe


            Rasanya seperti memasuki mesin waktu ketika mengulang lagi membaca komik ini. Pertama kali membaca pada tahun 2002, jaman SMP, yang harus nyisihin uang saku untuk minjam di rental komik. Saya rindu masa-masa itu, dan sekarang sekalinya punya waktu (serasa jadi manusia super sibuk) saya mengulang membaca komiknya, pinjam koleksi adik yang sama-sama suka serial ini. Serial ini sangat berarti buat saya, ini komik favorite juga komik terbaik buat saya.

            Khas serial cantik, tokoh-tokohnya memiliki penampakan cantik-keren-cakep versi komik; mata gede, rambut panjang lurus buat yang cewek, yang cowok sedikit gondrong dengan poni jatuh-jatuh, hidung dan bibir mungil serta dagu lancip, juga pakaiannya yang imut dan trendy. Padahal, komik serial berjudul asli Toki Meki Tonight ini terbitan tahun 1982 tapi gak nampak jadul sedikitpun.
            Ceritanya tak terkesan sepele sedikitpun, walau kisah cintanya punya drama menyenangkan, saya mendapat pelajaran bahwa cinta bisa menyembuhkan berbagai hal bahkan menyelamatkan dunia, dan yang nyindir banget adalah, manusianya mana nih? Yang justru menyelamatkan dunia adalah para monster dan setan, walau kesannya horror tapi komik ini seger dengan berbagai kenkonyolan. Selain itu bahwa penjahat sekalipun pasti memiliki kebaikan, lihat saja para Yakuza dan Mafianya, daaaaaan, tidak adaaaaaa tokoh yang benar-benar jahat. Semua keburukan dan kejelekan bisa disembuhkan dengan cinta dan dukungan keluarga.
            
Narumi dan Rinze
       Seri satu hingga enam belas, tokoh utamanya adalah Ranze Etoh dan Shun Makabe, bercerita tentang bagaimana gadis polos bernama Ranze mengejar-ngejar cinta cowok manusia biasa yang cenderung berandalan bernama Shun Makabe, saingannya sangar cuy, anak mafia yang agresifnya luar biasa. Di generasi pertama serial ini ceritanya seru, bagaimana perjuangan Ranze mendapatkan cinta Makabe sekaligus berkorban tak hanya untuk cintanya tapi juga untuk dunia. Dan aaaah pokoknya Makabe, tokoh komik idola sepanjang masa, karakternya kuat dan gak pengen dilupakan pembaca. 

Lalu di seri 17 hingga 22 ada cerita Narumi dan Rinze, perjuangan mereka untuk menyelamatkan Dunia Peri bersama Mana dan Cippul, serta pengorbanan Rinze yang luar biasa untuk memberikan ‘hidupnya’ pada Narumi. Narumi pun memiliki banyak fase galau karena mencintai Rinze, tapi cinta kan selalu bisa menyembuhkan segalanya.

Aira dan Kairi

Generasi ketiga dari seri 18 hingga 30 plus satu seri khusus, bercerita tentang Aira Makabe putri, Ranze dan Makabe yang ditakdirkan menjadi penyihir besar, padahal Aira jatuh cinta pada Kairi di masa kanak-kanak juga dengan Akimi Shinjo di masa remaja, lalu ada juga kisah Taku Makabe dan Putri Coco yang romantis brutal. Selain itu di beberapa seri ada beberapa cerita sisipan semacam spin off begitu yang romantis tapi juga kocak.
Saya selalu suka karakter-karakter ala tokoh komik. Mungkin karena teracuni serial ini di masa remaja, saya sampai kapanpun akan tetap seperti tokoh-tokohnya yang komikal dan menolak tua. Manusia Dunia Setan kan gak bisa menua :P


Tidak ada komentar:

Posting Komentar